3.1 Upaya Meningkatkan Minat Siswa
terhadap Pembelajaran Matematika
Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak siswa yang
menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan sukar dipelajari.
Persepsi inilah yang membuat mereka tidak semangat saat pelajaran matematika.
Oleh sebab itu, para guru seharusnya mencari cara agar menghilangkan persepsi tersebut.
Penerapan
model pembelajaran kooperatif
tipe STAD dalam
pembelajaran matematika,
terdiri dari 6
(enam) langkah utama
yaitu: Menyampaikan tujuan
pembelajaran dan memberi motivasi,
menyajikan materi, mengorganisasikan siswa
dalam kelompok belajar, membimbing
kelompok bekerja dan
belajar, memberikan evaluasi, dan
memberikan penghargaan. Dampak dari pembelajaran tersebut dapat dilihat atau
diamati dengan jelas
ketika proses pembelajaran
berlangsung, yaitu guru ataupun
siswa sudah menerapkan
langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe
STAD dengan benar,
sehingga proses pembelajaran
berjalan dengan baik, interaksi guru dengan siswa, siswa dengan siswa
terlihat baik, selain itu siswa dapat berinteraksi dan bekerja sama dalam
kelompok (Fitria Ismali
(Universitas Negeri Gorontalo):Deskripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Pembelajaran Matematika
Di Kelas V SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango).
Adapun upaya-upaya yang dapat dilakukan agar dapat
meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran matematika adalah sebagai berikut :
3.1.1
Guru yang
Profesional
Setiap sekolah sangat
memerlukan adanya guru yang profesional. Maksud dari guru profesional dalam hal
ini adalah guru yang benar-benar menguasai materi pelajaran sehingga dapat
menyampaikan materi dengan baik kepada siswa. Guru yang profesional juga harus
bisa membawa semua siswanya kedalam suasana belajar yang menyenangkan agar
siswa merasa senang dalam menerima materi yang diberikan. Karena gaya, metode
dan teknik guru dalam mengajar mempunyai pengaruh yang cukup signifikan dalam
menarik minat siswa terhadap matematika. Oleh sebab itu, seorang guru
profesional seharusnya memiliki kecerdasan ganda agar dapat menyampaikan materi
dengan lancar. Kecerdasan ganda yang dimaksud seperti:
- Kecerdasan Logis Matematis ( Logic Smart)
- Kecerdasan linguistik (Word Smart)
- Kecerdasan Fisik (Body Smart)
- Kecerdasan Visual spasial (picture Smart)
- Kecerdasan Intrapersonal (Self Smart)
- Kecerdasan Interpersonal (People Smart)
- Kecerdasan Musical ( Music Smart)
- Kecerdasan Naturalistik (Nature Smart)
3.1.2 Menyampaikan Tujuan Belajar dan Memberi Motivasi
Sebelum memulai kegiatan belajar
mengajar, sebaiknya seorang guru sebaiknya menyampaikan tujuan mempelajari
materi yang akan dibahas dan memberikan motivasi kepada para siswanya agar pada
saat pembelajaran semua siswa antusias mempelajari dan memperhatikan penjelasan
yang disampaikan.
3.1.3
Penyajian
Materi yang Baik dan Menyenangkan
Penyajian materi sangat
berpengaruh pada minat siswa, karena dengan penyajian materi yang menyenangkan
dapat membawa siswa nyaman dengan suasana belajar. Dalam hal ini diperlukan
seorang guru yang dapat membawa siswa ke dalam suasana belajar yang
menyenangkan. Misalnya dengan sebuah permainan yang di dalamnya dapat mengasah
kemampuan matematika para siswa. Atau diadakan diskusi kelompok.
3.1.4
Penyediaan
Sarana Belajar
Ketersediaannya sarana belajar yang memadai dapat
mendukung para guru dalam menyampaikan materi matematika kepada siswanya. Cara
pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga dapat menciptakan
suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan rasa suka terhadap pelajaran
matematika pada siswa. Karena dengan mengetahui kesenangan siswa akan membantu
para pengajar dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan rendahnya minat
siswa terhadap pelajaran matematika.
3.1.5
Pemberian
Latihan Soal
Pemberian latihan soal
dapat meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran matematika. Hal ini
dikarenakan apabila siswa dapat memecahkan soal matematika, maka besar
kemungkinan dapat memacu rasa keingintahuan siswa untuk mempelajari materi
lebih jauh. Sehingga semakin banyak soal yang dapat merea pecahkan, maka akan
semakin berpengaruh pada meningkatnya minat siswa terhadap pelajaran
matematika.
3.1.6
Pemberian Penghargaan
Pemberian
penghargaan ditujukan untuk anak yang berprestasi dalam belajar atau untuk anak
yang kemampuannya meningkat. Tujuannya untuk memotivasi siswa lainnya agar
berusaha untuk mengasah kemampuannya dan bersungguh-sungguh memperhatikan
materi yang disampaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar