Minggu, 20 Desember 2015

Upaya Meningkatkan Minat Siswa terhadap Pembelajaran Matematika



3.1  Upaya Meningkatkan Minat Siswa terhadap Pembelajaran Matematika
Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak siswa yang menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan sukar dipelajari. Persepsi inilah yang membuat mereka tidak semangat saat pelajaran matematika. Oleh sebab itu, para guru seharusnya mencari cara agar menghilangkan persepsi tersebut.
Penerapan  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  STAD  dalam  pembelajaran  matematika, terdiri  dari  6  (enam)  langkah  utama  yaitu:  Menyampaikan  tujuan  pembelajaran dan  memberi  motivasi,   menyajikan  materi,  mengorganisasikan  siswa  dalam kelompok  belajar,  membimbing  kelompok  bekerja  dan  belajar,  memberikan evaluasi, dan memberikan penghargaan. Dampak dari pembelajaran tersebut dapat dilihat  atau  diamati  dengan  jelas  ketika  proses  pembelajaran  berlangsung,  yaitu guru  ataupun  siswa  sudah   menerapkan  langkah-langkah  model  pembelajaran kooperatif  tipe  STAD  dengan   benar,  sehingga  proses  pembelajaran  berjalan dengan baik, interaksi guru dengan siswa, siswa dengan siswa terlihat baik, selain itu siswa dapat berinteraksi dan bekerja sama dalam kelompok (Fitria Ismali (Universitas Negeri Gorontalo):Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas V SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango).
Adapun upaya-upaya yang dapat dilakukan agar dapat meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran matematika adalah sebagai berikut :
3.1.1        Guru yang Profesional
            Setiap sekolah sangat memerlukan adanya guru yang profesional. Maksud dari guru profesional dalam hal ini adalah guru yang benar-benar menguasai materi pelajaran sehingga dapat menyampaikan materi dengan baik kepada siswa. Guru yang profesional juga harus bisa membawa semua siswanya kedalam suasana belajar yang menyenangkan agar siswa merasa senang dalam menerima materi yang diberikan. Karena gaya, metode dan teknik guru dalam mengajar mempunyai pengaruh yang cukup signifikan dalam menarik minat siswa terhadap matematika. Oleh sebab itu, seorang guru profesional seharusnya memiliki kecerdasan ganda agar dapat menyampaikan materi dengan lancar. Kecerdasan ganda yang dimaksud seperti:
  1. Kecerdasan Logis Matematis ( Logic Smart)
  2. Kecerdasan linguistik (Word Smart)
  3. Kecerdasan Fisik (Body Smart)
  4. Kecerdasan Visual spasial (picture Smart)
  5. Kecerdasan Intrapersonal (Self Smart)
  6. Kecerdasan Interpersonal (People Smart)
  7. Kecerdasan Musical ( Music Smart)
  8. Kecerdasan Naturalistik (Nature Smart)
3.1.2 Menyampaikan Tujuan Belajar dan Memberi Motivasi
Sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, sebaiknya seorang guru sebaiknya menyampaikan tujuan mempelajari materi yang akan dibahas dan memberikan motivasi kepada para siswanya agar pada saat pembelajaran semua siswa antusias mempelajari dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan.
3.1.3        Penyajian Materi yang Baik dan Menyenangkan
            Penyajian materi sangat berpengaruh pada minat siswa, karena dengan penyajian materi yang menyenangkan dapat membawa siswa nyaman dengan suasana belajar. Dalam hal ini diperlukan seorang guru yang dapat membawa siswa ke dalam suasana belajar yang menyenangkan. Misalnya dengan sebuah permainan yang di dalamnya dapat mengasah kemampuan matematika para siswa. Atau diadakan diskusi kelompok.
3.1.4        Penyediaan Sarana Belajar
Ketersediaannya sarana belajar yang memadai dapat mendukung para guru dalam menyampaikan materi matematika kepada siswanya. Cara pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat  meningkatkan rasa suka terhadap pelajaran matematika pada siswa. Karena dengan mengetahui kesenangan siswa akan membantu para pengajar dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan rendahnya minat siswa terhadap pelajaran matematika.
3.1.5        Pemberian Latihan Soal
            Pemberian latihan soal dapat meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan apabila siswa dapat memecahkan soal matematika, maka besar kemungkinan dapat memacu rasa keingintahuan siswa untuk mempelajari materi lebih jauh. Sehingga semakin banyak soal yang dapat merea pecahkan, maka akan semakin berpengaruh pada meningkatnya minat siswa terhadap pelajaran matematika.
3.1.6        Pemberian Penghargaan
Pemberian penghargaan ditujukan untuk anak yang berprestasi dalam belajar atau untuk anak yang kemampuannya meningkat. Tujuannya untuk memotivasi siswa lainnya agar berusaha untuk mengasah kemampuannya dan bersungguh-sungguh memperhatikan materi yang disampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar