. PENTINGNYA
PENDIDIKAN ISLAM
TUJUAN
Peserta memahami makna dan hakikat
pendidikan Islam
Peserta memahami sebab-sebab
pentingnya pendidikan Islam
RINCIAN
BAHASAN
Makna dan
Hakikat Pendidikan Islam
Dalam bahasa
Arab pendidikan Islam disebut At-Tarbiyah Al-Islamiyah.
Secara bahasa,
tarbiyah memiliki beberapa arti:
-
Roba-Yarbu = tumbuh berkembang
-
Robiya-Yarba = tumbuh secara alami
-
Robba-Yarubbu = memperbaiki, meningkatkan
Berarti proses
pendidikan Islam seharusnya menumbuhkembangkan secara alami, juga
sebagai proses
perbaikan peningkatan diri bagi orang yang terlibat di dalamnya.
Pendidikan
Islam bukan hal yang mengada-ada, dia memang ada.
Secara istilah
makna tarbiyah adalah:
1. Menyampaikan sesuat sampai pada tingkat
sempurna sedikit demi sedikit (Al-
Baydowi)
2. Menumbuhkan sesuatu sedikit demi sedikit
sampai dengan tahap sempurna (Al-
Asmahadi)
Mengapa
pendidikan Islam diperlukan?
·
Melihat kondisi nyata umat Islam
- Umat Islam
tidak memahami Islam itu sendiri
- Akibatnya:
umat terjebak dalam kondisi kebodohan, kelemahan dan kehinaan
- Umat Islam
berada dalam kerusakan
- Penyebabnya:
1. Kecintaan
kepada dunia yang berlebihan dan takut mati
2. Saling
berpecah-belah
3. Mengkotak-kotakkan
ajaran Islam
4.
Meninggalkan jihad
·
Hakikat jiwa manusia
- Memiliki
kecenderungan untuk berbuat fujur (dosa)
- Terbuka
untuk menerima hidayah (petunjuk)
Solusi
Melihat
kondisi umat saat ini serta memperhatikan hakikat jiwa manusia maka
dibutuhkan sebuah
pendidikan
Islam bagi umat Islam.
Pendidikan
Islam (tarbiyah Islamiyah) tersebut harus bersifat:
·
Kontinu (Mustamiroh)
·
Membentuk syahsiyah Islamiyah bukan sekedar transfer ilmu
(Takwiniyah)
·
Bertahap/terprogram (Mutadarrijah)
·
Menyeluruh
tidak parsial (Kaaffah)
Karakteristik Tarbiyah Islamiyah
1.
Rabbaniyyah
Rabbaniyyah baik materi, tujuan,
sasaran, motivasi, metode dan caranya.
Tujuan umum tarbiyah Islamiyah
adalah beribadah hanya kepada Allah dan
memakmurkan bumi dengan aturan
Allah. Sasarannya adalah terbentuknya
manusia-manusia rabbani (QS. 3:19).
Motivasi harus karena Allah semata.
Sedangkan sumber materi tarbiyah
Islamiyah adalah ilmu Allah baik yang tertulis
(wahyu) dan yang tidak tertulis
(ayat kauniyah).
2.
Akhlak sebagai sarana (wasilah)
Islam menghendaki agar proses
pendidikan berjalan sesuai dengan norma dan akhlak
Islam, baik dalam pendekatan
ataupun dalam penggunaan sarana. Islam melarang
penggunaan sarana yang bertentangan
dengan syar’i dan merusak fitrah manusia.
3.
Syumuliyah
Obyek tarbiyah Islamiyah adalah
manusia seutuhnya. Tarbiyah Islamiyah berusaha
menjaga keseimbangan pertumbuhan
dan perkembangan potensi akal, jasad dan
ruh manusia. Dengan adanya
keseimbangan diharapkan dapat membentuk
manusia secara utuh, manusia yang
memiliki kepribadian kokoh, tahan menghadapi
tantangan hidup dan berguna bagi
orang lain.
REFERENSI
Abu Ridho, Tarbiyah Islamiyah,
Inqilab Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar